Sunday, November 23, 2008

Packing

Kolom Diktat adalah kolom materi dasar tentang Teknik Hidup Alam Bebas yang perlu kita ketahui saat memasukki dunia petualangan yang berdasarkan pada asas keamanan dan kenyamanan, Dalam Edisi Perdana kali ini, Redaksi akan memberkan materi dasar tentang PACKING / Pengepakan. Materi dasar yang kadang dianggap sepele oleh kita.

Saat melakukan petualangan/perjalanan, barang-barang bawaan yang kita perlukan, kita kemas dan dimasukkan ke dalam Ransel atau ada yang menyebutnya dengan nama rucksack, atau juga backpacking. Kita kadang asal memasukkan barang-barang bawaan kita, tanpa memperhitungkan kenyamanan saat rucksack kita kenakan. Alhasil, banyak kasus yang mengakibatkan pendaki merasa pusing, sesak nafas dank ram pada otot punggung, yang sumbernya ternyata dari cara pengepakan barang yang asal-asalan.

Secara garis besar, cara pengepakan adalah sebagai berikut :

  1. Gunakan matras tidur (sleeping mat) sebagai batas antara barang bawaan dengan ransel anda
  2. Masukkan Plastik Bullsack agar barang bawaan tidak basah jika terkena air.
  3. Bungkus barang bawaan terutama pakaian, Peralatan tidur, alat tulis dan makanan dengan kantong plastik lagi.
  4. masukkan ke dalam ransel dengan urutan barang paling bawah adalah yang paling ringan (misalnya sleeping bag) dan bukan barang yang sewaktu-waktu diperlukan saat berjalan nanti. (senter, alat tulis, alat navigasi dll)
  5. Letakkan barang-barang yang sewaktu-waktu diperlukan saat mulai berjalan (senter, alat navigasi, rain coat dll) pada bagian paling atas atau di dalam kantung pada kepala ransel.
  6. Sesuaikan ukuran padding (tali ransel) bahu, dengan ukuran tubuh anda. Buat senyaman mungkin agar tidak mengganggu pergerakan.
  7. Sesuaikan ukuran padding pinggang, agar posisi ransel kokoh saat kita membawanya.

Barang bawaan dengan bobot lebih berat baiknya diletakkan di bagian atas, sehingga beban tidak langsung ke bawah melainkan terbagi ke belakang.

Hal yang paling penting adalah penyesuaian padding. Banyak kasus seorang pendaki yang mengalami salah urat karena apenyetelan padding tidak disesuaikan dengan bentuk tubuhnya, sehingga saat ransel di bawa di bahunya, tali pada padding justru menjepit urat bahunya.
Ada gejala yang dapat dilihat, jika tali ransel yang terlalu kencang sehingga menjepit bahu dan dada kita, misalnya :

  1. urat pada bagian lengan akan keluar (seperti akar pohon)
  2. Lengan akan memerah yang lama kelamaan akan lebam
  3. Bagian lengan terasa panas dan kesemutan
  4. Pundak dan leher terasa pegal dan ada otot yang terasa tegang

Jika gejala ini kita rasakan, baiknya istirahatlah beberapa waktu dengan menurunkan ransel dan membiarkan darah kembali mengalir dengan normal ke lengan. agar kondisi badan kita kembali prima, dan bisa menikmati petualangan yang kita lakukan…SELAMAT BERPETUALANG (BW01020P)

No comments:

Post a Comment