Friday, January 23, 2009

Krisis Center UNJANI…!?



Beberapa waktu yang lalu, di kampus UNJANI telah terbentuk Krisis Center. Upaya yang cukup menggembirakan khususnya kepada BHARAWANA, yang sering kelimpungan dalam urusan Transportasi dan dana untuk menuju lokasi saat terjadi bencana. Ujung-ujungnya ‘Operasi Batok’ ke senior-seniorWaktu terus berjalan, tapi UNJANI Crisis Center seolah-olah tidak ada lagi geliatnya. Mungkin tertidur ya!? Entah apa yang terjadi dengan badan ini. Bayangan awal yang terlintas dalam benak BHARAWANA, lembaga ini akan membantu kesulitan-kesulitan yang sering dihadapi BHARAWANA untuk merapat ke lokasi bencana

Realitas yang terjadi, UNJANI Crisis Center sepertinya ‘pingsan’. Contoh paling nyata adalah saat terjadi longsor di Cianjur beberapa waktu lalu. Saat BHARAWANA menerima berita tersebut, kepala Divisi SAR langsung menghubungi Pembina Harian BHARAWANA untuk konfirmasi. Dari Pembina Harian, informasi tersebut disampaikan ke pejabat berwenang yang duduk di Crisis Center. Tidak lama kemudian Pembina Harian mengirim kabar lewat pesan pendek (SMS) yang secara garis besar isinya BHARAWANA diminta menunggu konfirmasi dari Krisis Center.


Tunggu punya tunggu, sampai operasi evakuasi selesai dan pengungsi sudah di alokasi, konfirmasi dari Krisi CenterTIDAK PERNAH KAMI TERIMA’ (mungkin habis pulsa kah..!!??). Ada Satu pertanyaan yang ingin disampaikan oleh Keluarga Besar BHARAWANA yaitu : “Apakah Krisis Senter Benar-benar ada di UNJANI?” mengingat sekarang ini begitu banyak bencana yang menimpa saudara-saudara kita. Tidak perlu jauh-jauh, di cililin ada Longsor, di Bale Endah dan beberapa wilayah Bandung Selatan lainnya sedang dilanda banjir. Apakah Krisis Center UNJANI akan tetap diam terpaku? Jika memang demikian, BHARAWANA akan menggunakan pola lama yaitu langsung bergerak ke lokasi ASAP seperti saat terjadi Gempa di Jogja dengan catatan “Jangan Anggap Gerakan Seperti itu adalah Gerakan LIAR”. Tidakan itu didasari “KEPEDULIAN BHARAWANA” Terhadap sesama dan lingkungannya. (BW01020P)

No comments:

Post a Comment