Wednesday, April 18, 2012

FINAL SEASION GUNUNG CIREMAI 3078 Mdpl BAYU BUANA AM 22 BW

Anggota Muda Bharawana dengan nama angkatan “BAYU BUANA” akan melakukan pendakian ke Gunung Ciremai dengan ketinggian 3078 mdpl. dalam rangka melaksanakan program kerja dewan pengurus DP XXI,untuk menutup rangkaian kegiatan mabim -mabim sebelumnya. Jumlah personil yang berangkat adalah 11 orang yang terdiri dari tujuh orang angkatan bayu buana,tiga orang senior bharawana dan satu orang teman dari MADIPALA FIP UNM Makasar. Perjalanan ini dimulai dari sekre Bharawana sekitar pukul 18.14 wib menuju jamika,dan dilanjutkan menuju terminal Maja.Rencana awal setelah sampai di Maja itu kami naik kendaraan bak terbuka untuk menuju Apuy,tetapi karena kondisi yang sudah malam maka kami memutuskan untuk beristirahat sambil mencari transportasi yang menuju Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), beberapa orang dari kami ada pula yang mencari makanan. setelah beberapa lama kami beristirahat kami dihampiri seorang bapak-bapak yang menawarkan kendaraannya untuk berangkat ke Apuy. Setelah tawar menawar akhirnya kami berangkat menuju Apuy dengan memakai mini bus  tiba  di Sekre TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) sekitar tengah malam.

Di sekre TNGC kami mengobrol dengan salah satu petugas dan menanyakan berbagai hal mulai  keanekaragaman flora dan fauna yang ada di gunung ceramai. sambil  berjalanya pembicaraan kami melakukan proses administrasi dengan petugas. pada saat itu waktu menunjukan pukul 02.00 wib dini hari, dikarena mata sudah terasa ngantuk dan badanpun mulai terasa letih maka kami memutuskan untuk istirahat untuk melakukan pendakian esok hari. matahari pun terbit waktu menunjukan jam 06.00 wib kami bangun dan melakukan persiapan untuk pendakian.pukul 07.00 kami berangkat dari sekre TNGC menuju pos 1.sesampai di pos 1 kami mengisi air dan melakukan persiapan untuk sarapan pagi .

Selesai sarapan pagi kami segera melanjutkan perjalanan menuju pos 2. Cuaca yang cerah menjadi faktor pendukung yang membuat kami semakin semangat melakukan pendakian.Sekitar pukul 09.00 kami tiba di pos 2, kami beristirahat untuk mengisi tenaga.Terik sinar Matahari sudah mulai berada diatas kepala,pertanda kami untuk melanjutkan perjalanan.sekiranya waktu menunjukan 12.25 wib kami melewati pos 3,disepanjang perjalanan dari pos 3 kami menemukan Daun Pulus atau Daun Api yang katanya kalau menyentuh daun itu anggota tubuh yang terkena akan mengalami gejala gatal-gatal yang sangat panas.ada sebuah cerita di Papua sana,Daun Pulus itu dipakai sebagai obat untuk badan agar tidak pegal-pegal.Sungguh mengagumkan bukan..?. Disini daun itu dihindari,tetapi di Papua sana daun itu berfungsi sebagai obat.
            Tidak lama kita melewati pos 4,tetapi kita tidak istirahat dan perjalanan pun dilanjutkan.Sekitar pukul 14.00 kita tiba di pos 5. Kami memutuskan untuk istirahat sejenak,sambil mengisi air yang sudah kosong dari kompan ke vedless.sudah  tidak lama setelah itu,kami berangkat dari pos 5.beberapa teman kami berangkat terlebih dahulu untuk mensurvey lokasi yang akan dijadikan tempat bermalam (camp) . Mulai dari pos 5 menuju Gowa Walet jalur bebatuan yang mulai tampak dari kejauhan,dan benar batuan yang cadas pun mulai bermunculan.Kontur tanah yang agak miring dan kondisi tanah yang cenderung lembab membuat pendakian terasa semakin asik.Tim tiba di Gowa Walet sekitar pukul 16.00. Tanpa basa basi kami langsung mendirikan tenda dan persiapan makan malam.adapun dari kami membagi tugas ada Beberapa orang memasak,mencari kayu bakar, dan mengisi air.Setelah semua siap kami pun makan malam.Kondisi cuaca di Gunung Ciremai ternyata cukup asik, keadaan badan yang cukup lelah Kami pun memutuskan untuk beristirahat agar perjalanana ke puncak esok harinya kondisi tubuh tetap sehat dan terjaga.

Pagi harinya kami bangun dan melakukan persiapan untuk pendakian ke puncak. Sekitar pukul 09.00 kami tiba di puncak Gunung Ciremai.Aroma belerang mulai tercium,tetapi itu tidak melunturkan pemandangan Gunung Ciremai yang sangat indah.kami berjumpa kawan-kawan dari PA lain yang kita jumpai dipuncak. Salah satunya dari Pekalongan,tampaknya weekend yang cukup panjang ini menjadi pilihan mereka untuk mendaki Gunung Ciremai. Dipuncak kami melakukan penyematan Emblem Bharawana kepada AM. yang dilakukan oleh senior kami Setelah melakukan proses dokumentasi maka kami memutuskan untuk turun gunung.

Di perjalanan turun dari puncak ceramai dari salah satu anggota tim melihat Elang Jawa bertengger dipohon.Tampaknya habitat mereka masih terjaga meskipun manusia memasuki daerah mereka.setelah beberapa jam kami turun dari puncak gunung.kami melakukan istirahat di pos 1 untuk mengisi energi, setelah beberapa jam kami beristirahat segera melanjutkan perjalanan menuju sekre TNGC. sekiranya Sampai di sekre sekitar pukul 14.30 wib.kami beristirahat sejenak sambil menunggu jemputan datang oleh senoir kami,Kebetulan senior kami ini  adalah orang Majalengka yang rumah tidak jauh dari gunung ciremai.kami selanjutnya menuju rumah senior untuk beristirahat sekalian bersilahturahmi. kami beristirhat di rumah senior satu malam.Pagi harinya sekitar pukul 07.50 kami berangkat dari rumah senior menuju sekre Bharawana.Dan Alhamdulilah kami tiba di sekre BHARAWANA pukul 11.40 wib dengan selamat.